Pengertian Dan Kegunaan JavaScript

Pengertian Dan Kegunaan JavaScript - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Dan Kegunaan JavaScript. Mudah-mudahan isi postingan Artikel IT, Artikel Pemrogaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Pengertian Javascipt


Javascipt adalah bahasa pemrograman komputer yang dinamis. Pada umumnya Javascipt digunakan pada web browser untuk menciptakan halaman web yang menarik, interaktif, serta merapkan berbagai fungsi pada halaman web. Javascript adalah salah satu pemrograman web yang harus kita pelajari selain HTML dan CSS.

Sejarah JavaScript


JavaScript diperkenalkan pertama kalinya oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya JavaScript dulunya dinamai dengan “LiveScript”” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada masa itu.

Namun sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama (JavaScript) pada bahasa tersebut pada tanggal 04 desember 1995. Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri juga mencoba untuk mengadaptasikan teknologi JavaScript ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser Internet Explorer 3 yang merupakan milik Microsoft.

JavaScript adalah modifikasi dari bahasa pemrograman C++ dengan pola penulisan yang lebih sederhana dari bahasa pemrograman C++.

Kegunaan JavaScript


Kegunaan utama JavaScript yaitu untuk menuliskan fungsi yang disisipkan kedalam HTML baik secara langsung disisipkan maupun diletakan ke dalam file teks dan di link dari dokumen HTML. Secara fungsional, JavaScript dipakai untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded).

Contoh penggunaan JavaScript yaitu membuka halaman pop up, merubah image kursor ketika melewati objek tertentu, fungsi validasi pada form sebelum data dikirimkan ke server dan lain lain. 

Kelebihan JavaScript

  1. Mudah Dipelajari
  2. JavaScript adalah bahasa semi pemrograman yang merupakan gabungan antara bahasa pemrograman Java dengan HTML sehingga disebut bahasa hybrid.

  3. Terbuka
  4. JavaScript tidak terkait dengan hardware maupun software tertentu bahkan sistem operasi seperti windows maupun unix. Karena bersifat terbuka, maka JavaScript bisa dibuat maupun di baca oleh semua jenis komputer.

  5. Ukuran File Kecil
  6. Script dari JavaScript memiliki ukuran yang relatif kecil sehinggan membuat web yang memiliki JavaScript ditampilkan di browser maka akses tampilannya akan lebih cepat.

  7. Cepat
  8. Karena diletakkan di dalam HTML dan langsung dicoba di web browser.

Kekurangan JavaScript

  1. Masalah Keamanan
  2. Potongan JavaScript, setelah ditambahkan ke dalam halaman web mengeksekusi pada server klien dengan segera, karena itu juga dapat digunakan untuk mengeksploitasi sistem pengguna. Sementara pembatasan yang ditetapkan oleh standar web modern pada browser, kode yang berbahaya masih bisa dijalankan sesuai dengan batasan yang ditetapkan.

  3. Kemampuan Terbatas
  4. Walaupun JavaScript mampu membuat tampilan web menjadi interaktif dan dinamis, tapi JavaScript tidak mampu membuat program aplikasi sendiri seperti Java.

  5. Keterbatasan Objek
  6. JavaScript tidak bisa membuat kelas-kelas yang bisa menampung objek-objek tambahan seperti Java, karena JavaScript sendiri sudah memiliki objek yang builtin pada struktur bahasanya.


Demikian Artikel tentang Pengertian Dan Kegunaan JavaScript

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Dan Kegunaan JavaScript dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2018/10/pengertian-dan-kegunaan-javascript.html

0 Response to "Pengertian Dan Kegunaan JavaScript"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel