Contoh Tajuk Rencana INFRASTRUKTUR PEDESAAN

Contoh Tajuk Rencana INFRASTRUKTUR PEDESAAN - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Tajuk Rencana INFRASTRUKTUR PEDESAAN. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa Indonesia, Artikel Tugas, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


INFRASTRUKTUR PEDESAAN


Untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM, pemerintah dan DPR sepakat mengalokasikan anggaran Rp 8 triliun untuk infratruktur pedesaan. Selain itu, disepakati pula pengucuran dana kompensasi Rp 17 triliun dalam bentuk bantuan langsung sementara untuk masyarakat atau BLSM- sebelumnya bantuan langsung tunai- bagi 18,5 juta rumah tangga miskin yang akan diberikan dalam masa enam bulan serta program keluarga harapan Rp 1,8 triliun untunk 1,56 rumah tangga sasaran.

Sebagai suatu langkah kebijakan, penyisihan sebagian dana kompensasi untuk membangun infrastruktur pedesaan sangat tepat, mengingat buruknya infrastruktur salah satu faktor utama penyebab kemiskinan pedesaan.

Lebih-lebih lagi dana kompensasi dalam bentuk transfer tunai terbukti kurang mendidik, banyak penyimpangan dan kurang mengandung aspek pemberdayaan dalam jangka panjang. Pembangunan infrastruktur pedesaan, lewat program padat karya, juga lebih tepat sasaran karena menciptakan lapangan kerja langsung, membuka akses, mendorong pembangunan ekonomi pedesaan serta meningkatkan produktisitas masyarakat.

Kelompok miskin adalah kelompok yang paling terpukul karena kenaikan harga BBM. Akibat kenaikan ini, penduduk miskin diperkirakan meningkat menjadi 12.8 persen atau diatas target 11,5-12,5 persen yang belum direfisi lagi ke 10.5-11,5pesen dengan adanya BLSM. Pemerintah mengharapkan 60 juta penduduk miskin akan terangkat dari kemiskinan dengan adanya program pembangunan infrastruktur pedesaan ini.

Namun, perlu diingat anggaran Rp 8 triliun untuk infrastruktur pedesaan tak akan otomatis mengatasi kemiskinan di desa. Yang lebih dibutuhkan adalah program yang berkesinambungan tak hanya langkah karikatif yang sifatnya jangka pendek.

Perlu komitmen kuat untuk membangun pedesaan karena kemiskinan desa terbukti tak berkurang dengan adanya otonomi daerah dan desentralisasi yang demikian ekstensif. Kenyataan bahwa desa tetap kantong kemiskinan adalah gambaran bagaimana pedesaan dan masyarakatnya terus tertinggal dalam proses pembangunan.

Karena itu, gagasan mengalokasikan lebih besar untuk pedesaan termasuk dana yang disisikan dari pemangkasan anggaran kementrian atau lembaga, harus di dukung. Pada akhirnya, mengatasi kemiskinan di pedesaan akan membantu pula upaya mengatasi kemiskinan di perkotaan karena membantu membendung urbaninsasi.

Agar benar-benar efektif, infrastruktur yang dibangun harus benar-benar dibutuhkan masyarakat dan bermanfaat untuk jangka panjang. Perhatian khusus juga perlu diberikan pada desa-desa tertinggal dan terisolasi.

Pembangunan infrastruktur pedesaan seperti jalan jembantan, jaringan irigasi , dan waduk, hendaknya tidak berdiri sendiri tetapi harus disinergikan dan diintegrasikan dengan kebijakan mengatasi kemiskinan dan berbagai program pembangunan nasional lain termasuk MP3EI.

Demikian Artikel tentang Contoh Tajuk Rencana INFRASTRUKTUR PEDESAAN

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Tajuk Rencana INFRASTRUKTUR PEDESAAN dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2015/09/contoh-tajuk-rencana-tentang.html

0 Response to "Contoh Tajuk Rencana INFRASTRUKTUR PEDESAAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel