Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Tugas, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


A. Pengertian Asal kata Sejarah

Pengertian sejarah secara etimologi berasal dari bahasa Arab yaitu sajaratun yang berarti pohon. Pohon disini mengandung makna pencabangan , ke bawah menyerupai akar yang bercabang, keatas menyerupai cabang dan ranting, dan ini merupakan ciri-ciri penulisan sejarah Indonesia (historiografi Indonesia). Kata sejarah berasal dari bahasa Arab "Syajaratun" yang artinya "pohon" atau "keturunan" atau "asal-usul" yang kemudian diserap kedalam bahasa Melayu menjadi "Syajarah" dan diserap dalam bahasa

Sedangkan dalam bahasa Yunani kuno dikenal kata istor/istoria mengandung makna orang pandai/belajar dengan cara bertanya-tanya merupakan suatu makna yang sudah mengandung makna keilmuan. Isto/listoria ini diserap dalam bahasa Inggris menjadi kata "history". Kalau kita melihat kedua kata ini jelaslah mengandung dua pengertian yang berbeda terutama berkaitan dengan "isi" kata tersebut. Istilah sejarah terkandung usaha mengabadikan kebesaran penguasa (orang besar/terkenal), sedang history menekankan pada usaha/keinginan untuk mengetahui apa yang telah terjadi sebelum kehidupan kita (tinjauannya lebih komprehensif/ menyeluruh).

Pada jaman sekarang pembelajaran sejarah tidak lagi menekankan genealogis saja ataupun menekankan pada tokoh utamanya, tapi pembahasannya sudah multidimensional (semua aspek/sudut pandang), yaitu aspek: politik, ekonomi, sosial-budaya, geografis pada waktu peristiwa itu terjadi. Sehingga meskipun disebut sejarah tetapi pembahasannya sudah bisa dikategorikan ke dalam history.

B. Beberapa Pendapat tentang Sejarah Menurut Para Ahli

    1. Herodotus (484-425 SM)
    Menurutnya sejarah tidak berkembang kedepan secara pasti melainkan bergerak seperti lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia, Herodotus merupakan orang pertama yang menulis kisah sejarah, sehingga dijuluki The Father of History (bapak sejarah dunia).

    2. W.J.S. Poerwadarminta
    Dalam tulisannya dia menyebutkan bahwa sejarah mengandung tiga pengertian yaitu: a. Sejarah berarti silsilah atau asal-usul b. Sejarah berarti kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau c. Sejarah merupakan ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

    3. Moh Ali
    Dalam bukunya Pengantar Sejarah Indonesia mengatakan bahwa sejarah adalah: a. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa peristiwa yang merupakan realita tersebut. b. Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita. c. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

    4. Ibnu Khaldun (1332-1406)
    Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

    5. Edward Harlot Carr
    Sejarah merupakan kontinuitas atau proses interaksi secara terus-menerus antara fakta-fakta dan sejarawan dan suatu dialog yang terus menerus masa lalu dan masa sekarang.

    6. Robert V Daniel
    Sejarah merupakan kenangan dari pengalaman seluruh umat manusia.

    7. J. U Mitchels
    Sejarah adalah pengetahuan yang melukiskan pandangan yang utuh tentang peristiwa yang dialami manusia dari masa kemasa

    8. Dr. Roeslan Abdulgani
    Sejarah adalah cabang ilmu yang meneliti serta menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat dimasa lampau beserta kejadiankejadiannya yang kemudian dinilai secara kritis untuk dijadikan perbendaharaan kearah yang lebih maju dimasa depan. Berdasarkan pendapat diatas maka dapat disimpulkan arti sejarah adalah sebagai berikut :

    1. Ilmu yang mempelajari tentang kejadian masa lampau dan benar-benar terjadi.
    2. Catatan peristiwa masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan/sumber sejarah.
    3. Peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia sebagai makluk sosial.

Demikian Artikel tentang Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2015/09/pengertian-sejarah-menurut-para-ahli.html

0 Response to "Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel