Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrogaman

Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrogaman - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrogaman. Mudah-mudahan isi postingan Artikel IT, Artikel Pemrogaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Pengertian Bahasa Pemrograman


Bahasa komputer merupakan suatu set pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa komputer biasa dikenal dengan nama bahasa pemrograman. Program komputer atau software sendiri merupakan suatu set instruksi yang harus dijalankan oleh komputer pada saat komputer dihidupkan atau ketika diperintahkan oleh pengguna computer.

Bahasa pemograman menggunakan kata-kata unik yang menjadi kode untuk menjalankan suatu perintah tertentu pada komputer. Contoh bahasa pemrograman diantaranya adalah Pascal, Delphi, Fortran, Clipper, dBase, Basic, Cobol, C++, C#, Java dan lain-lain. Baca Juga Macam - Macam Bahasa Pemrogaman

Sebuah CPU komputer, atau biasa di sebut prosesor memiliki sejumlah perintah terbatas dan dikenal dengan nama kode mesin. Kode ini merupakan bahasa yang digunakan untuk mengkomunikasikan data dalam komputer. CPU pada komputer hanya mengenal bahasa ini, tidak dengan bahasa lainnya. Semua bahasa pemrograman harus diubah menjadi kode mesin terlebih dahulu supaya CPU atau prosesor dapat mengolah dan menjalankan perintah yang diberikan oleh program yang dibuat.

Berbeda dengan pemrograman C++ yang memperbolehkan tidak menggunakan class, di C# setiap anda membuat suatu program minimal anda harus mendeklarasikan minimal satu class, hal tersebut serupa dengan yang ada pada java, oleh sebab itu C# merupakan murni object oriented programing (OOP).

Sejarah Singkat Bahasa Komputer


Bahasa komputer mulai berkembang pada saat penemuan komputer digital pertama pada tahun 1940-an. Bahasa komputer yang termasuk dalam assembly language dikembangkan sekitar tahun 1950-an karena komputer mulai merambah ranah komersial. Contoh bahasa yang termasuk dalam golongan Assembly ini yaitu ForTran (Formula Translation) yang dibuat oleh John Backus pada tahun 1950-an sampai 1960-an.

Selanjutnya bahasa komputer dengan banyak penyempurnaan mulai dikembangkan seperti COBOL (Common Business Oriented Language) oleh Grace Hopper, LISP (List Proccesing) oleh John McCarthy.

Pada akhir tahun 1960-an muncullah bahasa komputer yang diberi nama SIMULA dan setelah itu perkembangan bahasa komputer semakin pesat.

Pada tahun 1970-an muncullah bahasa pemrograman yang terkenal, yakni ALOGOL, BASIC, PASCAL, C . Bahasa komputer semakin berkembang pesat seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa yang berkembang yaitu BASIC, JAVA, C++ dan PASCAL.

Pada awal 1990-an, mulai diperkenalkan istilah IDE (Integrated Development Environment) yang menyatukan bahasa pemrograman dan GUI sehingga membuat program menjadi lebih mudah. Beberapa IDE yang terkenal yaitu Visual Basic (bahasa BASIC), Borland Delphi (bahasa PASCAL) dan Eclipse (Bahasa Java).

Demikian Artikel tentang Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrogaman

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrogaman dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2018/10/pengertian-dan-sejarah-bahasa-pemrogaman.html

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrogaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel