Pengertian Algoritma Pemrogaman

Pengertian Algoritma Pemrogaman - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Algoritma Pemrogaman. Mudah-mudahan isi postingan Artikel IT, Artikel Pemrogaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Pengertian Algoritma

Dilihat dari asal-usul katanya, Algoritma mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata algorism yang artinya proses menghitung dengan angka arab. Dikatakan algorist jika menghitung menggunakan angka arab.

Para ahli bahasa berusaha menemukan asal dari kata ini tapi hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli matematika menemukan asal kata Algoritma yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang berarti “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku tersebut kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra).

Perubahan kata algorism menjadi kata algorithm ini muncul karena algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan menggunakan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma. 

Definisi Algoritma 

“Algoritma merupakan urutan atau langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus bisa ditentukan nilainya salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma merupakan spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. 
    Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah, yang pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah, pasti algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.

    Pertimbangan yang kedua adalah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut. Hal ini sangat penting terutama pada algoritma untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan aproksimasi hasil (hasil yang hanya berupa pendekatan). Algoritma yang baik harus bisa memberikan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya.

    Yang ketiga adalah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma bisa ditinjau dari dua hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. 

Begitupun dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin burukpula algoritmanya. Pada kenyataannya, setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, walaupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma tentunya kita mengharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, maka carilah algoritma yang paling cepat.

Beda Algoritma dan Program 

Program adalah kumpulan pernyataan dalam komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program di sebut algoritma. Program ditulis menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa artikan bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa ahli memberi formula bahwa :
Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)

Walau bagaimanapun juga struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang efisien, demikian juga sebaliknya.

Algoritma Merupakan Jantung Ilmu Informatika

Algoritma merupakan jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak sekali cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam terminologi algoritma. Tapi, janganlah beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja.

Pada kehidupan sehari-hari banyak terdapat proses yang bisa dinyatakan dalam suatu algoritma. langkah-langkah dalam membuat kue atau masakan yang dinyatakan dalam suatu resep juga dapat disebut dengan algoritma. Pada setiap resep selalu ada urutan dan langkah-langkah dalam pembuatan masakan. Bila langkah-langkahnya dalam pembuatannya tidak logis, maka tidak dapat menghasilkan masakan yang diinginkan. Ibu-ibu yang mencoba resep masakan akan membaca langkah-langkah dan cara pembuatannya lalu ia mengerjakan proses sesuai yang ia baca.

Secara umum, pihak atau benda yang mengerjakan proses disebut pemroses atau processor. Pemroses tersebut berupa manusia, komputer, robot dan alat-alat elektronik lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melakukan atau mengeksekusi algoritma yang menjabarkan proses tersebut. 

Demikian Artikel tentang Pengertian Algoritma Pemrogaman

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Algoritma Pemrogaman dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2018/10/pengertian-algoritma-ditinjau-dari-asal.html

1 Response to "Pengertian Algoritma Pemrogaman"

  1. Google Update Algoritma Florida adalah yang penting di awal tahun 2000-an. Dinamakan demikian karena perubahan algoritme bertepatan dengan konferensi SEO Pubcon Florida.

    Ada banyak Backlink mujarab di CepatSEO karena pusatnya JASA BACKLINK

    We are a creative Digital Media Agency with experienced team. We provide digital Marketing services, Jasa Seo, Web Development services, Mobile App Development Services and Branding.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel