Macam - Macam Bahasa Pemrogaman | Jenis-Jenis Bahasa Pemrogaman

Macam - Macam Bahasa Pemrogaman | Jenis-Jenis Bahasa Pemrogaman - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Macam - Macam Bahasa Pemrogaman | Jenis-Jenis Bahasa Pemrogaman. Mudah-mudahan isi postingan Artikel IT, Artikel Pemrogaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Jenis-Jenis Bahasa Pemrogaman

Bahasa komputer dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok besar berdasarkan jenisnya yaitu sebagai berikut :
  1. Machine language merupakan seperangkat perintah yang dinyatakan dalam bentuk bilangan biner (hanya angka 0 dan 1) yang berfungsi untuk memberikan data dan instruksi bagaimana mengolah data kepada CPU.

  2. Assembly Language merupakan bahasa komputer tingkat rendah yang memiliki banyak kode yang membantu memori untuk “mengingat data (informasi). Assembly language juga mengandung simbol-simbol yang berhubungan dengan perintah tertentu pada bahasa mesin.

  3. High level language disebut juga sebagai bahasa komputer tingkat tinggi karena berisi perintah yang dirancang mendekati bahasa manusia. Bahasa ini lebih mudah dipelajari dan di pahami oleh manusia dan digunakan untuk pembuatan program komputer tertentu.
Pembuat program atau programmer banyak yang menggunakan bahasa tingkat tinggi untuk membuat program-program yang diinginkan karena sangat mudah dipahami. Namun sebelum bisa dijalankan di komputer, program tersebut harus diterjemahkan dahulu menjadi bahasa mesin.

Oleh karena itu pada perangkat pembuatan program dengan bahasa tingkat tinggi ini ada bagian yang bernama compiler. Tugas compiler ini adalah menerjemahkan perintah pada bahasa tingkat tinggi menjadi bahasa mesin, sehingga CPU bisa mengolah data berdasarkan perintah tersebut.

Macam - Macam Bahasa Pemrogaman

Bahasa pemrograman yang umum dikenal yaitu HTML dan PHP. Tapi sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman yang lain. Berikut ini ada beberapa macam bahasa pemrograman yang perlu diketahui :
    1. Bahasa Pemrograman HTML HyperText Markup Language (HTML).
    Merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai macam informasi dalam sebuah browser Internet. Saat ini HTML adalah standar Internet yang dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berbentuk kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkannya. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Google Crome.

    2. Bahasa Pemrograman PHP PHP.
    PHP merupakan bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai pada saat ini. PHP pertama kalinya diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya masih berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Sekarang ini PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

    3. Bahasa Pemrograman ASP ASP.
    ASP Merupakan singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk yang diciptakan oleh Microsoft. ASP ini bekerja pada web server yang merupakan server side scripting.

    4. Bahasa Pemrograman XML ( Extensible Markup Language ) .
    XML merupakan bahasa markup yang direkomendasikan oleh W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja namun penggunaannya sangat luas. XML merupakan salah satu metode dalam membuat penanda pada sebuah dokumen.

    5. Bahasa Pemrograman WML WML.
    Pemrograman WML Merupakan kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang biasanya digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML adalah bahasa pemrograman yang dipakai dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang bisa berjalan pada protocol nirkabel.

    6. Bahasa Pemrograman PERL.
    Perl Merupakan bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi Windows, DOS, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL adalah bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

    7. Bahasa Pemrograman CFM.
    Bahasa Pemrograman CFM diciptakan menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe BlueDragon / ColdFusion / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis HTML.

    8. Bahasa Pemrograman Javascript
    Javascript Merupakan bahasa scripting yang handal. JavaScript adalah sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript seperti Mozila firefox dll.

    9. Bahasa Pemrograman CSS Cascading Style Sheets (CSS).
    Merupakan suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen atau halaman yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan dari CSS yaitu untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasa CSS dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS sendiri sudah diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

    10. Bahasa Pemrograman Perangkat Lunak Bahasa pemrograman (language software).
    Adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (machine languange), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer. Apabila languange software tidak ada, maka pembuat program harus menulis programnya langsung dengan bahasa mesin yang berbentuk bilangan-bilangan biner. Suatu instruksi program yang ditulis dalam bahasa mesin yang berbentuk angka 0 dan 1, contoh: 000110110011.

    Tanpa mengetahui arti tertentu dari masing-masing bagian dari bilangan biner tersebut secara persis, maka akan sulit untuk mengerti dengan benar maksud dari instruksi tersebut. Instruksi yang berbentuk bilangan biner disebut dengan object code. Sedangkan kumpulan dari berbagai instruksi-instruksi yang membentuk suatu program dalam bahasa mesin disebut dengan object program.

    Pada tiap-tiap instruksi object code terdiri dari operation code (op code) dan open and. Penulisan-Penulisan program dengan bahasa mesin terlalu sulit dan memakan  waktu yang lama, maka dikembangkan languange software sebagai alternatif penulisan program yang lebih mudah dan efisien.

Demikian Artikel tentang Macam - Macam Bahasa Pemrogaman | Jenis-Jenis Bahasa Pemrogaman

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Macam - Macam Bahasa Pemrogaman | Jenis-Jenis Bahasa Pemrogaman dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2018/10/macam-macam-bahasa-pemrogaman-jenis.html

0 Response to "Macam - Macam Bahasa Pemrogaman | Jenis-Jenis Bahasa Pemrogaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel