Pengertian Teknik Informatika

Pengertian Teknik Informatika - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Teknik Informatika. Mudah-mudahan isi postingan Artikel IT, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Pengenalan Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, teknologi jaringan komputer dan rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha.

Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan dibimbing untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan perangkat lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Materi yang di berikan dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian bidang ilmu di antaranya adalah :
  1. Sistem Informasi
  2. Dalam Sistem Informasi ini akan memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.

  3. Rekayasa Perangkat Lunak
  4. Dalam Rekayasa Perangkat Lunak ini materi yang dipelajari adalah Analisa dan Desain Obyek, Rekayasa Perangkat Lunak, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak dan Pemrograman Basis Data Client Server.

  5. Pemrograman dan Komputasi
  6. Dalam Pemrograman dan Komputasi dosen akan memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.

  7. Arsitektur dan Jaringan Komputer
  8. Dalam Arsitektur dan Jaringan Komputer materi yang dipelajari adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Jaringan Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor dll.

Prospek Lulusan Teknik Informatika

Bidang teknologi dan aplikasi komputer sangatlah luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi komputer tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak komputer memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika.

Pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika di antaranya adalah : Programmer, Web Designer, Sistem Analis, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Perusahaan jasa telekomunikasi, Perbankan, Dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, konsultan, dll.

Demikian Artikel tentang Pengertian Teknik Informatika

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Teknik Informatika dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2018/10/pengertian-teknik-informatika.html

0 Response to "Pengertian Teknik Informatika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel