Pengertian dan Jenis Memori Komputer

Pengertian dan Jenis Memori Komputer - Hallo sahabat Share, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Jenis Memori Komputer. Mudah-mudahan isi postingan Artikel IT, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Pengertian memori

Memori adalah bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Setiap program atau data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan di dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya listrik (dengan kata lain, komputer itu masih hidup).

Jenis-Jenis memori

A. Memori internal

    Memori internal dapat diakses secara langsung oleh prosesor. dan biasanya sudah tertanam di motherboard. Memori internal di bagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. ROM
  2. ROM (Read-Only-Memory a.k.a firmware) merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. Sampai saat ini dikenal beberapa jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain  : 
      PROM (Progammable Read-Only-Memory)
      Jika isi ROM ditentukan oleh vendor, maka PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan program oleh pemakai. Setelah PROM diisi dengan program, isi PROM tak bisa dihapus.

      EPROM (Erasable Programmable Read-Only-Memory)
      Berbeda dengan PROM, isi dari EPROM dapat dihapus setelah diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.

      EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only0Memory)
      EEPROM bisa menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus secara elektris melalui program. Salah satu jenis EEPROM yaitu Flash Memory. Flash Memory biasanya digunakan pada konsol video game, kamera digital cip BIOS.

  3. RAM
  4. RAM (Random-Access Memory) merupakan jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan Tipe RAM pada PC : DRAM, SDRAM, SRAM, RDRAM, dan EDO RAM. RAM ini dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu jenis Statik dan Dinamik.
      RAM Statik ini menyimpan satu bit informasi ke dalam sebuah flip-flop. RAM statik pada umumnya digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas memori RAM yang besar.

      RAM Dinamik ini menyimpan satu bit informasi data sebagai muatan. RAM dinamik ini juga menggunakan kapasitansi gerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori elementer. Untuk menjaga agar data yang tersimpan pada RAM dinamik tetap utuh, data tersebut harus disegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data tersebut ke memori. RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan RAM dengan kapasitas besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC).
  5. CACHE MEMORY
  6. Cache memory merupakan tipe RAM tercepat yang ada, dan digunakan oleh CPU, hard drive, dan beberapa komponen lainnya. 

B. Memori eksternal

    Memory Eksternal merupakan memori tambahan pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Dengan kata lain memory Eksternal termasuk perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. 

    Contoh: Hardisk, Flash Disk, dan Floppy Disk. Pada dasarnya konsep dasar memori eksternal yaitu Menyimpan data yang bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. 

    Memori eksternal ini mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

Demikian Artikel tentang Pengertian dan Jenis Memori Komputer

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Jenis Memori Komputer dengan alamat link https://share-it96.blogspot.com/2018/10/pengertian-dan-jenis-memori-komputer.html

0 Response to "Pengertian dan Jenis Memori Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel